KONFERENSI NASIONAL SEJARAH

Setiap lima tahun, Masyarakat Sejarawan Indonesia menyelenggarakan Konferensi Nasional Sejarah yang merupakan forum berkumpulnya sejarawan dan peminat sejarah untuk membahas berbagai aspek kesejarahan baik yang berkaitan dengan pembangunan karakter bangsa maupun perkembangan ilmu sejarah itu sendiri.

Konferensi Nasional Sejarah adalah kelanjutan Seminar Sejarah Nasional I tahun 1957 yang diselenggarakan di Yogyakarta. Konferensi Nasional Sejarah juga menghasilkan penulisan sejarah nasional mutakhir dan memproyeksikan arah penulisan sejarah nasional, terutama tema-tema baru yang belum dikaji.

Pada 7 – 10 November 2016, Masyarakat Sejarawan Indonesia mengadakan Konferensi Nasional Sejarah X dengan tema “Budaya Bahari dan Dinamika Kehidupan Bangsa dalam Perspektif Sejarah”.  Setiap naskah hasil seminar dan konferensi menjadi prosiding yang diterbitkan secara online dan menjadi naskah terindeks yang dapat diakses secara terbuka (open access). Klik di sini untuk membaca publikasi prosiding seminar dan konferensi MSI.