Informasi

: Undangan Menulis Jurnal Sejarah Volume XVI No. 1

 

Undangan Menulis Jurnal Sejarah Volume XVI No. 1

Jurnal Sejarah mengundang para penulis, peneliti, pengajar dalam tahap awal karir mereka serta para mahasiswa yang sedang atau telah mengerjakan tesis/disertasi untuk mengirimkan artikel atau ulasan buku untuk penerbitan JS selanjutnya (Juli & Desember 2017). Sumbangan tulisan diharapkan juga tidak terbatas pada bidang kajian sejarah, tetapi juga dari bidang kajian lainnya dalam rumpun kajian humaniora dan ilmu sosial yang mengangkat tema kontemporer untuk memperkaya pemahaman tentang sejarah Indonesia.   

Untuk penerbitan Volume XV No. 1 Tahun 2017, Jurnal Sejarah  mengundang pembahasan tentang  Politik Islam dan Islam Politik di Indonesia. Isu yang lebih khusus dalam tema pembahasan yang dapat menjadi pilihan penulis (meski tidak harus dibatasi pada pilihan isu yang disebutkan) adalah:

1. Interaksi dan keterlibatan Islam di Indonesia dengan jaringan global sepanjang sejarah perkembangannya di Indonesia;  

2. Pola penyebaran kegiatan keagamaan dan politik Islam di Nusantara dan Indonesia modern; 

3. Perkembangan kelompok-kelompok keagamaan, ajaran atau sosok pemimpin Islam di tingkat lokal dengan pendekatan berbeda dari arus mainstream di tingkat nasional/internasional;

4.  Pengaruh perkembangannya terhadap budaya populer yang muncul di Indonesia;

5. Saling singgung dan pengaruh ajaran dan gerakan politik  Islam dengan gerakan sosial dan keagamaan lainnya di Indonesia. 

Di luar lima isu tersebut, Jurnal Sejarah juga mengundang pembahasan terhadap pembahasan historiografi dan sumber-sumber penulisan baru tentang Islam di Indonesia yang dapat memberikan orientasi dan penafsiran terhadap studi sejarah Islam di Indonesia.  

Tulisan diharapkan sudah diterima paling lambat tanggal 15 April 2017.  

Panjang tulisan untuk artikel antara 5000 sampai 7000 kata (di luar bibliografi dan catatan kaki). Sementara ulasan buku ditulis antara 750 sampai 1000 kata. Penulis bisa melihat petunjuk penulisan atau menghubungi editor terkait informasi pengiriman naskah. Penyampaian naskah dilakukan secara online. Penulis terlebih dahulu melakukan  registrasi dan mengisi informasi pribadi sebelum mengunggah artikel. 

 

Editor

 

 

 

 

 

 

 
Dikirimkan: 2017-01-02 Lebih Lanjut...