Kuliah
Umum

February 6, 2021 | Admin

Kuliah Umum Masyarakat Sejarawan Indonesia adalah kegiatan rutin yang mengundang para sarjana dalam bidang sejarah untuk menyampaikan gagasan dan temuan-temuan baru mereka tentang sejarah Indonesia.

Gerakan Subversif di Lautan

Kuliah Umum MSI 4 menampilkan karya menarik Kris Alexanderson tentang sejarah pergerakan antikolonial di Indonesia awal abad ke-20. Berbeda dengan karya-karya sebelumnya, Alexanderson melalui karya terakhirny menunjukkan bagaimana pergerakan antikolonialisme dibentuk bukan saja di wilayah daratan di metropol dan koloni, tetapi juga dalam untaian lintasan samudra. Kris Alexanderson adalah Asociate Professor, Departemen sejarah, University of the Pacific, USA. Untuk mengikuti diskusi selengkapnya klik di sini.


Indonesia dan Tata Politik Global: Semangat Bandung dan Solidaritas Internasional

Pembicara: Darwis Khudori (Associate Professor @Université Le Havre Normandie, France.)

Darwis Khudori adalah sejarawan dan arsitek. Ia mendapatkan doktornya di University of Paris-Sorbonne, dengan spesialisasi Sejarah Kontemporer Dunia Arab dan Muslim (1999). Sekarang ia menjadi pengajar di Université Le Havre Normandie, France.Wildan Sena Utama (PhD Candidate @Dept. of History, University of Bristol, UK)Wildan Sena Utama adalah pengajar di program studi sejarah Universitas Gadjah Mada. Ia sekarang sedang menempuh pendidikan doktoral di departemen sejarah, University Bristol, UK.Tyson Tirta M.A (@Masyarakat Sejarawan Indonesia)Tyson Tirta adalah peneliti sejarah dan anggota tim redaksi Jurnal Sejarah, terbitan Masyarakat Sejarawan Indonesia. Klik link di sini.


Memikir Ulang Historiografi Indonesia

Ketua Umum Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI), Hilmar Farid Ph.D, akan menyajikan gagasannya tentang historiografi Indonesia dalam MSI-Lecture #1 yang menjadi agenda perdana kegiatan webinar yang dikelola Pengurus Pusat MSI. Silahkan klink link di sini untuk mengikuti diskusinya.